Rabu, 20 November 2013

Bingung Pilih Jurusan yah? #Chapter3


Assalamu'alaikuuuum!
Seperti yang telah aku janjikan pada postingan sebelumnya Bingung Pilih Jurusan yah? #chapter2,  kini aku akan membahas mengenai hasil dari test Minat dan Bakat yang diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2013 yang lalu. Dan hasilnya adalaaaaaaaaaah :

Arah Minatku yang pertama berdasarkan hasil test tersebut adalah Sosial. Dan ternyata prediksi ku kali ini tidak meleset. Jenis profesi Sosial nya antara lain, Konselor, Psikolog, dan Rektor/Kepala Sekolah.

Aku jabarkan dulu apa itu Profesi Konselor. Dari yang aku baca, aku tangkap, dan aku temukan di Wikipedia, Konselor adalah seorang yang memiliki keahlian dibidang konseling/penyuluhan yang diperuntukan dan ditujukan kepada individu yang mempunyai suatu masalah agar dapat teratasi. Seorang konselor itu harus menempuh pendidikan minimal sarjana strata 1 (S1) dan dari lulusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB), Bimbingan Konseling (BK), atau Bimbingan Penyuluhan (BP), dan masih ada beberapa persyaratan lainnya yang harus dilewati oleh orang-orang yang ingin menjadi seorang konselor.

Yang kedua adalah Psikolog. Haduh, benar-benar tidak asing sekali dengan profesi yang satu ini. Dimana Profesi ini adalah sebuah pekerjaan eh mmmmm lebih tepatnya cita-cita yang aku idamkan. Dari postingan-postingan aku sebelumnya kayaknya aku sering menuliskan kata 'Psikolog' kan. Nah, sebenarnya apasih Psikolog itu? Psikolog adalah seorang yang ahli dalam bidang psikologi. Lalu, Psikologi itu apa? Psikologi itu merupakan bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan tingkah laku serta fungsi mental individu atau kelompok secara ilmiah. Seorang yang ingin berprofesi sebagai Psikolog harus menempuh Pendidikan Magister (S2), lalu kalau ingin buka praktek sendiri juga harus memiliki izin praktik, dan prosesnya itu 'lumayan'. Lumayan apa nih? Menurutku lumayan antara ribe(d)' dan tidak ribe(d) (dibaca: Ribet). Apasih, Rum? -___-


Lanjut yang ketiga adalah Rektor/Kepala Sekolah. You know lah, Rektor. Ngedengernya aja udah wah banget gitu. Kalau dalam bahasa Indonesianya Rektor itu pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada hal layak luas. Pengen? Siapa sih yang gak pengen (tapi tanggungjawabnya besar) Why not? Aamiin. Nah, Kepala sekolah. Apalagi ini, sudah tidak asing banget. Disetiap sekolah manapun dari SD, SMP/MT, SMA/SMK/MA Negeri ataupun Swasta pasti ada kepala sekolahnya dong ya kan. Bedanya seperti itu. Kalau rektor pimpinan tertinggi di perguruan tinggi, kalau kepala sekolah pimpinan di sebuah sekolah.


Arah minat kedua yaitu di bidang Artisitik. Jenis-jenis profesinya antara lain, Dekorator Interior, Fotografer, dan Designer Iklan. Kalau yang ini aku tidak bisa jelaskan semuanya, pasti kalian sudah pada tahu semua kan.


Arah minat yang ketiga alias terakhir adalah bidang Enterpresing/Pengusaha. Jenis-jenis profesinya antara lain, Produser, Pengacara, Politikus. Oh god! Seketika aku flashback ke masa kecilku yang bercita-cita menjadi seorang pengacara. Tapi tapi tapi, cita-cita itu sudah aku delete dari list of goal ku. Uh, untungnya aku sudah bisa move on dari pengacara ke psikolog, hehe :D


Nah, dari hasil-hasil tersebut aku disarankan untuk mengambil jurusan :
1. Psikologi

2. Hukum
3. Desain Interior

What?? Ada dimana tuh Ilmu Komunikasi?? Ada dimana Sastra Indonesianya?? Tidak-tidak, aku tidak ingin mengambil Jurusan Hukum. Apalagi Desain Interior. Jurusan itu memang bagus sekali, karena tidak ada satupun jurusan yang tidak baik. Kecuali jurusan ke Neraka. *halah. 


Yasudahlah yah, yang pasti aku akan mengambil jurusan Psikologi. Dan sisanya masih berputar-putar didalam dan diluar kepalaku. Tapi jujur yah, sebenarnya aku sudah tidak terlalu galau ria lagi mengenai masalah jurusan perkuliahan, yang aku bimbangkan adalah bagaimana caranya agar aku dapat diterima diperguruan tinggi sesuai dengan jurusan yang aku pilih. 


Wallahu a'lam


Bismillah saja, Allah Maha Kaya kok. Allah tidak pelit. Allah selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Minta saja sama Allah, Allah tahu kok mana yang terbaik buat hamba-Nya :)


Sekiaaaan, kapan-kapan kita lanjutkan lagi yah ;)


Wassalamu'alaikuuuum!

Tidak ada komentar: