Rabu, 11 Desember 2013

Liburan Semester 1!

Assalamu'alaikuuuum!
Selamat Siang!

Sehubungan dengan berakhirnya UAS Semester 1 kemarin pada hari Rabu tanggal 11-12-13, maka hari ini adalah hari libur permulaan. Permulaan disini maksudnya, libur abis UAS, dan hanya sampai tanggal 15 Desember 2013 saja. Hari Senin nya tanggal 16 Desember 2013 ada Classmeeting. Tapi kegiatan tersebut berlangsung hanya sekitar 2-3 hari saja. Setelah kegiatan itu selesai, baru deh liburan yang sebenarnya dimulai! Yeay!

Ngobral-ngobral tentang liburan, planning untuk mengisi liburan sudah bertumpuk nih. Bahkan sampai bingung mau menjalankan yang mana.*sok banget*. Kebanyakan orang pasti pada bilang- oh si Arum pasti akan jalan-jalan sama teman-teman yah? atau jalan-jalan sama keluarga? atau mungkin main-main gak jelas? ya kan?

Eits, jangan mikir kejauhan ah. Arum udah kelas XII, engga jamannya buat refreshing dengan hal yang begituan, terlalu mainstream *waila* hahaha. Tidak munafik juga, pasti ada teman-teman yang akan mengajak untuk kesana-kemari. Tapi aku akan berusaha memprioritaskan Planning aku yang sebenarnya dan yang menurutku paling penting untuk saat ini.

Walaupun aku juga tidak mungkin mengecewakan teman-temanku. Seperti yang tadi aku bilang, sudah pasti aku memprioritaskan plan sebenarnya. Tetapi, bukan berarti aku menarik diri dengan menolak ajakan teman-teman untuk main, ya mungkin aku akan mencuri sedikit waktu untuk menghadirkan diriku didalam kelompok mereka.

Dan kebiasaan ku kalau mendekati saat-saat liburan itu adalah 'boke'. Hehe. Makanya tidak jarang ketika teman-temanku mengajak ke sesuatu tempat, aku menolak. "Maaf yah, gue lagi boke nih." Kalimat itu yang sering terlontar kalau diajak pergi, hehe. Maklum, uang jajan ku kan tidak seberapa, jadi jangan suka salah paham yah teman-teman :)

Oh iya, diatas aku kebanyakan membicarakan tentang planning aku yang katanya planning yang sebenarnya. 'sebenarnya' kayaknya kata yang level atas banget yah. *halah*. Okedeh, aku bocorin aja deh planning aku yang sebenarnya itu.

Jadi, karena aku tahu diri, sudah dibiayai sekolah oleh orangtuaku, aku harus bisa membalas budi mereka, walaupun semua yang telah mereka berikan tidak mungkin bisa terbalaskan oleh pencapaian-pencapaian yang aku dapat. Nah karena itu, otomatis aku harus bisa jadi 'orang sukses'. Sukses disini adalah sukses dengan arti luas. Tapi yang lebih utama, aku ingin bisa sukses membanggakan kedua orangtuaku.

Menurut penalaran orang aneh kaya aku ini, membanggakan orangtuaku itu harus direalisasikan salah satunya dengan memanjakan mereka, memberikan apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Namun, sebelum hal itu terwujud, aku harus memiliki usaha dengan mencari ilmu supaya menjadi orang yang bermanfaat dan menghasilkan buat aku, buat keluargaku dan buat orang lain. Nah, ilmu itu harus aku cari sampai mataku tertutup dan tidak dapat terbuka lagi.

Mencari ilmu ada banyak sekali medianya. Misalnya melalui otodidak dan bersekolah. Kalau menurutku, dengan bersekolah dapat memberikan ilmu yang lebih banyak juga selain melalui otodidak. Maka dari itu, aku harus dapat bersekolah setinggi-tingginya. Karena Rasulullah menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu hingga liang lahat.

Untuk dapat bersekolah tinggi, otomatis dong harus kuliah, dan gak bisa dipungkiri bahwa setiap siswa pasti ingin masuk Perguruan tinggi yang baik, yang diidamkan, yang difavoritkan oleh banyak orang. Untuk mewujudkan itu semua, aku harus belajar dan menyiapkan semaksimal mungkin. Selain dengan doa, beribadah, dan mendekatkan diri kepada Allah, aku juga harus belajar. Dan harus aku siapkan dari sekarang.

Makanya liburan ini aku ingin memanfaatkan dengan baik. Aku ingin belajar soal-soal UN dan SBMPTN. Kan kalau lagi sekolah dan belajar efektif itu kita gak fokus untuk menyiapakan kedua hal itu. Pasti terganggu dengan tugas-tugas, ulangan harian, dan lain-lainnya. Untuk itu aku ingin memprioritaskan belajar untuk mempersiapkan hal tersebut.

Walaupun aku belum tahu apa yang akan terjadi kemudian. Bisa atau tidak aku lolos dengan jurusan yang aku pilih. Tapi, kalau SNMPTN Undangan aku sudah hopeless banget deh. Sudah mustahil dengan nilai ku yang bisa dibilang tidak dapat lagi bersaing. Nah makanya, satu-satunya yang bisa aku hadapi ya melalui SBMPTN. Tapi juga jangan down dengan nilai raport yang 'begono', harus tetap semangat dan optimis pastinya.

-"Man Jadda Wa Jada” (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil). Kata pepatah ini selalu menjadi pegangan untuk hidup aku. Dan mudah-mudahan teman-teman juga sama seperti aku.-

Sekian! kalau ada hal yang baik dari aku, monggo diambil dan diikuti, tapi yang jeleknya jangan yah :)

Terimakasih.
Selamat Siang dan Wassalamu'alaikuuuuum!

Sabtu, 07 Desember 2013

Bingung Pilih Jurusan yah? #Chapter4

Assalamu'alaikuuuum!

Pengen cerita nih, hehe. Jangan bosan-bosan yah membacanya :D

Masih ingat kan kalau aku pernah ikut tes minat dan bakat? Nah, masih dalam satu rangkaiannya nih, yaitu konsultasi dengan Psikolog! Psikolog! Psikolog mennn! *iya, Rum. Iya -__-*

Jadi waktu hari apa aku lupa, yang pasti minggu kemarin, kita berkumpul di ruangan BP. Beruntungnya kelas aku bertukar dengan kelas XII IPA 5, jadi kelas aku kebagian urutan terakhir untuk konsultasi, dan otomatis waktu konsulnya bisa lebih lama deh. Hahahaha. 


Karena diruang BP tersebut yang huruf depannya paling awal berdasarkan absen adalah aku, maka aku duluan yang di izinkan konsultasi. Jadi, psikolog nya telah memiliki salinan data-data hasil tes minat bakat para siswa-siswi perkelasnya. Awalnya ia membaca dan menelaah hasil tes aku. 


Lalu ia berkata, "Ambil jurusan Hubungan Internasional yah." aku pelanga-pelongo. 

Hah HI? Setahu aku dari hasil tes itu gak ada saran untuk mengambil jurusan tersebut deh? Lalu aku celetuk saja, "Tapi kalau HI harus pintar bahasa inggris dan berbagai bahasa. Saya inginnya masuk Psikologi atau tidak Public relation." saat itu sastra belum aku sebutkan. 


Psikolog itu bilang, "Iya gak apa-apa kalau mau masuk situ. PR itu sama saja dengan HI. PR itu adalah HI." aku langsung kaget ketika ia berbicara seperti itu. Karena setahu aku PR dan HI berbeda walaupun sama-sama ada kata 'Relation', yasudah aku jawab aja, "Lah, HI itu kan lebih luas cakupannya dengan dunia internasional, sedangkan PR itu tidak seluas HI." Kataku seperti itu. Tapi ia tetap keukeuh menjelaskan bahwa PR itu adalah IR/HI, cuma beda nama saja. Dan aku terima-terima saja lah. *psikolog dilawan* 

Dan aku bilang lagi, "Pengennya ambil psikologi". Jawab nya, "Oh yaudah boleh.". 
"Lalu kalau jadi psikolog itu apakah tidak cukup hanya lulusan S1? Dan harus mengambil pendidikan yang tinggi minimal S2?" dan psikolog itu menjawab, "iya memang, kalau S1 hanya menjadi pendamping Psikolog saja, kan gak enak. Lalu kalau S1 itu kerjanya paling di kantoran atau lain-lain tapi tidak bisa buka praktek karena belum ada perijinan."  aku pun mengangguk. Yasudah! Aku harus dapat merealisasikan mimpiku walaupun mimpi itu berada dibintang paling ujung. -__- Aamiin :) 



Cukup itu saja, terimakasih telah setia membaca hehe


Wassalamu'alaikuuuum!

Kamis, 05 Desember 2013

UAS

Assalamu'alaikuuum!
Hola hola hola!
Selamat Siang!

Kali ini aku cuma ingin memberitahukan bahwa mulai kemarin tanggal 5 Desember 2013 itu sudah mulai Ujian Akhir Semester 1. Selama seminggu kedepan hingga hari Rabu UAS di SMA Negeri 9 Bekasi berlangsung.

Nah, kalian tahu gak sih biasanya apa saja yang terjadi kalau aku sedang ulangan, seperti UAS ini?

Pertama, biasanya aku menyiapkan buku-buku dan materi-materi yang akan dipelajari untuk ulangan besok sesuai dengan mata pelajarannya.

Kedua, terkadang setelah menyiapkan buku-buku tersebut, aku langsung mencatat dan bisa juga dibilang aku ngerangkum materi-materi menjadi singkat-sesingkat-singkatnya; biar enak dibaca.

Ketiga, sebenarnya lebih sering aku refreshing otak dan pikiran dulu. Dengan melakukan hal-hal yang kurang jelas dan kurang bermanfaat *sepertinya*, contohnya melamun ._.v hehe, tapi ini bukan melamunkan hal yang 'engga-engga' yeee. Ini melamuni tentang apa yang akan aku lakukan esok hari, apa yang akan aku lakukan selama seminggu kedepan, apa yang akan aku kerjakan selama setahun kelak, dan seterusnya. Ada contoh lainnya, yaitu mainin Handphone melihat foto-foto yang ada di galeri aku. *padahal isinya foto-foto yang absurd dan sudah diliat lebih dari puluhan kali* hahaha, terus bacain sms dari orang-orang yang menurutku telah mengirimkan sms yang spesial. Contoh lain yang tidak kalah aneh, aku suka ngestalk akun socmed milik orang-orang yang menurutku 'misterius' (.-.) <-- br="" kepoan="" namanya="">

Keempat, aku mengusahakan untuk ada waktu untuk mengistirahatkan mata walaupun hanya beberapa menit. Yaa, walaupun kalau hanya beberapa menit itu gak cukup buat aku untuk menghidupkan kembali lampu-lampu redup yang ada diotakku, tapi yang penting sudah memejamkan mata.

Nah, yang kelima. Ini nih yang membuat tempat tidur selalu berantakan seberantak-berantakannya. Yaitu waktu untuk belajar dan fokyuz. Kalau sudah asik belajar, apalagi sambil tiduran, dan dilantuni oleh kicauan merdu dari para pendendang lagu di music player Handphone ku, itu pasti aku suka keteparan. Sampai esok hari terbangun aku akan shock karena semalem ketiduran dan otomatis quota materi yang telah masuk ke otak itu terbatas. Dan disekolah pun akhirnya belajar lagi dengan sistem kebut semenit. hahaha. Tapi gak juga kok, terkadang aku sudah siap dengan materi-materi yang di ujikan *halaah :D

Oke sahabatss, cukup itu saja cuap-cuap nya. Kalau ada hal yang baik dari aku, monggo diambil dan diikuti, tapi yang jeleknya jangan yaaaah. hehe

Terimakasih!
Wassalamu'alaikuuuum!