Senin, 15 September 2014

Episode Ma'had Al-Jami'ah



Assalamu'alaikum...

Ini adalah hari ke-23 ku di Bandung. Hari-hari yang terlihat menjenuhkan memang, tapi  ketika semua dijalankan warna kejenuhan pun luntur sedikit-demi-sedikit. Apalagi dikelilingi oleh orang-orang yang care sama aku. Ditambah dengan aktivitas sehari-hari di Ma'had Al-Jami'ah.

Ya ampun, aku sampai lupa belum cerita mengenai tempat tinggal ku di Bandung ini. Seperti aku sebutkan di atas, aku bertempat tinggal di Ma'had Al-Jami'ah, aku biasa sebut dengan kata Ma'had. Ma'had itu menurutku asrama yang menyimpan seribu keindahan dan, misteri. Ma'had merupakan asrama khusus puteri yang diperuntukan bagi para Mahasiswi Baru Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk dapat tinggal dan berada di sini tidak sembarangan, melainkan melalui jalur tes. Waktu itu ada tiga jenis materi tes. yang pertama Bahasa Inggris, lalu Bahasa Arab, dan terakhir adalah kuesioner. Hanya mereka yang beruntung dan yang pasti punya kemampuan yang bisa berada di Ma'had. *ecieeee* hihi.

Aktivitas di Ma'had itu sangat beragam dan pastinya bermanfaat sekali. Tiap hari, shubuhan kita wajib untuk berjama'ah setelah itu akan ada bel untuk berkumpul di lapang luas untuk kegiatan Muhadatsah atau conversation. Muhadatsah itu kegiatan untuk melatih bahasa arab. Biasanya yang ringan-ringan, kalau sejauh ini masih sampai bagaimana pengucapan 'Syukron' dan lain-lain sejenisnya. Nah, setelah itu kita masing-masing punya aktivitas lain, ada yang kuliah (kalau ada jam kuliah), ada yang nyuci baju, ada yang mandi, ada yang nyetrika, ada yang nyuci piring, ada yang bercengkrama, bahkan ada yang lanjut bobo cantik, hehe. Lalu ketika matahari telah berada di ufuk barat, kami semuanya bersiap-siap untuk shalat maghrib berjama'ah. Setelah selesai biasanya kita makan malam di kamar masing-masing, dan lanjut shalat Isya. Pada Ba'da Isya itu ada kegiatan pembelajaran. Ada Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan kitab turats. Tapi maisng-masing sesuai jadwal, misalnya kalau hari Senin itu jadwalnya Bahasa Inggris, Selasa Bahasa Arab, dan seterusnya. kegiatan pembelajaran hanya Minggu hingga Jum'at saja. Oh iya, ketika malam Minggu tiba *haseek* ada kegiatan dari organisasi HIMAJA (Himpunan Mahasiswi Ma'had Al-Jami'ah). Dan periode 2014-2015 aku termasuk ke dalam pengurus HIMAJA, sebagai anggota di bidang Pers. Saat perekrutan calon ketua HIMAJA, aku tidak mendaftarkan diri ku. Aku terlalu beranggapan bahwa cukup di SMA saja sibuk dengan segala aktivitas organisasi yang syuper dyuper menyibukkan. Dan setelah terpilihnya ketua, aku kabari ke Bapak bahwa aku tidak ikut pencalonan ketua, lalu Bapak bilang aku disuruh ikut HIMAJA, dan mencalonkan diri menjadi anggotanya. Hmm, ya sudah, memang tertarik sih dari awal, cuma yaa anggapan ku bahwa tidak ingin menyibukkan, biasalah hati dan pikiran tidak sinkron. wkwk. Setelah itu di hari Minggu nya biasanya ada kegiatan olahraga bersama, dan siangnya free, dan sampai maghrib baru berjama'ah dan melakukan aktivitas biasa, seperti pembelajaran. Giccuu hehe. Tapi tempat tinggal ku di Ma'had hanya berlaku selama 1 tahun saja, setelah itu kami di usir cantik deh, hussh hussh saanaa *ala sahroni eh syahrini* hehe :p

Sekarang aku lagi bener-bener sibuk dengan tugaas yang membludak. Ingin rasanya back to hometown, tapi jadwal kepulangan ditentukan oleh Ma'had, hanya bisa sebulan sekali pulangnya, huhu :( Hmm gak apa-apa deh, disini aku banyak dapat pengalaman berharga, terutama kemandirian. Di sini harus dipaksa untuk betah :)

Wassalamu'alaikum..



Kamis, 11 September 2014

Apa kabar, Arum?





Assalamu'alaikum..
Sudah lama sekali rasanya aku meninggalkan 'tempat sampah' ini. Terakhir kali aku membuang keluh kesah ku di blog ini mengenai SNMPTN. Tapi sekarang, bukan lagi keluhan-keluhan itu yang beredar disini. Karena, memori itu sudah lewat dan bukan lagi menjadi galau-gemalau ku lagi. Hehe. Kini, aku bertempat tinggal di kota yang sejuk nan damai. Masih provinsi Jawa Barat, tapi bukan Bekasi. Tepatnya, Bandung…

Mungkin semua bertanya-tanya, bagaimana hasil keputusan ku..
Jawabannya, yap! Tekad ku jatuh kepada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN Bandung) dengan jurusan Psikologi!

Sebuah keputusan yang bagiku teramat berat untuk mempertimbangkan antara yang satu dengan yang satu. Setelah pengumuman SBMPTN dan telah dinyatakan bahwa aku tidak lolos (mungkin memang tidak mungkin bisa lolos), masih ada jalan terakhir ku untuk menggapai UNJ. Yaitu, masuk melalui Jalur Mandiri. Dan hasilnya, dari dua Program Studi yang aku pilih, di Sosiologi lah nama ku tercantum. Setelah berpikir panjang dan mempertimbangkan baik dan buruknya, akhirnya pilihan ku bulat untuk merantau ke kota kembang Bandung dengan seribu alasan yang mengiringi kepergian ku. 

Kalian tahu, terasa berat untuk meninggalkan kota sejuta kenangan. Walaupun hanya untuk empat tahun, tapi bagi ku hal ini merupakan sebuah ujian yang benar-benar mengorbankan perasaan demi keharusan. Tapi aku sadar, sebuah kesuksesan tidak di raih dengan pengorbanan yang kecil. Karena sebuah pengorbanan yang besar, akan mendapatkan kesuksesan yang sebanding dengan apa yang telah diusahakannya. 
I believe that Allah is always with me until whenever.

Wassalamu'alaikum!